Wisata Ke Kuntum Farmfield

Hello guys, ak mau berbagi informasi tentang wisata ke Kuntum Farmfield. Aku ke sini kebetulan dengan rombongan sekolah anakku di waktu weekdays, kawasannya luas dan nyaman padahal ada 3 rombongan sekolah lagi selain kami. Kita bahas tentang kawasan ini yuk!

Nama kawasan: Kuntum Farmfield
Lokasi: Jalan Raya Tajur No.291 Bogor, Jawa Barat
HTM: 40rb per orang; rombongan 35rb per orang
Jam buka: Senin s/d Minggu pukul 08.00-18.00
Telp: 0251-8244725, 8356752
Tiket masuk kuntum farmfield
Counter pembelian tiket

Kawasan yang dibangun tahun 2002 dan mengalami perkembangan hingga sekarang melibatkan sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Kawasan agro wisata yang bersifat edukatif ini mengusung motto "back to nature, no chemical & friendly environtment" (bagus ya mottonya:). Dengan luas 6 hektar kawasan ini mampu membius masyarakat terutama anak sekolah dalam mengenal, mencari informasi dan pengetahuan tentang lingkungan hidup, selain itu di sini juga kita bisa sambil berekreasi menikmati keindahan alam.


Area deket pintu masuk tiket

Lahan parkir

Ketika kita melewati pintu masuk, pandangan kita sudah dimanjakan dengan berbagai aneka tanaman hias, selain itu disini juga ada toko penjaja makanan dan minuman, sebelum masuk ke dalam kawasan kita diberikan caping, untuk anak-anak caping ini nantinya akan dijadikan wadah untuk menggambar dan mewarnai dengan cat air dan hasilnya boleh dibawa pulang.  

Tanaman hias dekat pintu masuk

Penjual aneka jajanan  dan minuman

Sebelum masuk kawasan diberi caping dulu

Disini banyak tanaman-tanaman yang dibudidayakan seperti kangkung, tomat, sayang saat di sana belum panen jadi tidak boleh di petik, selain itu juga ada tanaman dengan sistem pertanian akuaponik yaitu kombinasi sistem pertanian antara akuakultur dan hidroponik yang bersifat simbiotik. Nambah pengetahuan kan guys!

Tanaman tomat yang belum panen
Tanaman akuaponik
Kangkung yang mulai tumbuh


Acara selanjutnya rombongan kami adalah melihat dan memberi makan marmut, kandang marmut besar sekali yang di alasi seperti serutan kayu, marmut dapat bergerak bebas, marmutnya berwarna macam-macam, ada yang hitam, coklat, putih atau campuran, marmut diberi makan dengan rumput yang sudah disediakan petugas.

Memberi rumput ke marmut yang sedang ngumpet :D

Bayi marmut yang mempunyai kandang sendiri

Memberi makan marmut yang di dalam kandang


Dari kandang marmut kami beralih ke kandang kambing, di sini kami melihat dan memberi minum dan makan kambing, kambingnya cukup banyak, diatur berjejer-jejer dengan sebagian dipisahkan dengan kayu. Kami diberikan botol susu untuk memberi minum kambing serta rumput untuk pakannya. Anak-anak antusias sekali memberikan makan dan minum ke kambing, sesekali si kambing mengeluarkan bunyi mbekkk mbekkk...

Mbeknya lagi dikasi susu dan rumput

Lahap makannya si kambing

Kita kasi susu dulu ya

Selanjutnya ke kandang kelinci, kandang kelincinya luas yang dialasi rumput kering, dengan berbagai aneka warna kelinci, ada warna coklat, putih, abu-abu atau campuran. Kelincinya besar-besar dan berlari bebas kesana dan kemari, anak-anak diberikan rumput dan potongan wortel sebagai makanannya.

Kelinci dikasi wortel

Udah kekenyangan kayanya ini kelincinya :D

Lalu kami berpindah untuk melihat dan memberi makan sapi, sapinya besar-besar sekali warna hitam dan putih, kami diperbolehkan untuk melihat dan memberi rumput, sapinya juga lahap makannya, hati-hati ya jangan ditarik rumputnya dari tangan kita saat si sapi makan karena tenaga sapi besar sekali.

Mooo.. sapinya besar banget


Dikasi rumput untuk makannya

Selesai dengan persapian kita lanjut untuk melihat dan memberi makan burung, disini burungnya dari jenis burung dara, selain itu juga ada ayam kate dan ayam negeri serta angsa yang jumlahnya cukup banyak, tak lupa kura-kura ikut nyempil didalamnya.

Memberi makan ayam

Banyak juga burung daranya

Angsanya banyak

Kura-kura lagi berjemur nih

Lanjut kegiatan kami untuk menggambar dan mewarnai caping yang sudah kami dapat dengan cat air, disini anak-anak bebas bereksplorasi untuk berkreasi apa saja di wadah caping, seru... nah caping yang sudah dihias sedemikian rupa lalu dijemur setelahnya buat kita lagi dan boleh dibawa pulang, kenang-kenangan guys! :D

Anak-anak lagi serius mewarnai caping

Corat sana coret sini

Setelah menghias caping, acara selanjutnya adalah menangkap ikan!!! nah ini acara yang paling ditunggu-tunggu anak saya, menangkap ikan didalam kolam, jadi ikan (ikan mas) sudah disediakan didalam kolam anak-anak tinggal nyebur dan nangkepin, hahaa namanya anak-anak ga ada yang bisa nangkep ikan, yang ada malah pada berenang kaya ikan, ikannya ditangkepin ma bu guru :D, nah hasil tangkapan ikannya bisa dibawa pulang, masing-masing anak dapat 2 ekor ikan yang sudah diplastikin.


Acara menagkap ikan

Susah ya nangkepnya hehee

Selain kegiatan diatas kita bisa melihat pemandangan alam dari sini, melihat kolam-kolam yang luas, hawanya kl sore enak semilir-semilir anginnya sejuk, selain itu banyak kolam ikan yang dipenuhi ikan mas, dan buat bapak-bapak ada kolam pemancingan juga nihh.



Bagus ikannya

Ada tempat pemancingan juga nih

Pemandangan alam dari kolam

Nah, gimana teman-teman? layak dicoba wisata ke kuntum farmfield, cocok untuk wisata anak yang ingin mengenalkan, memberikan informasi dan pengetahuan terkait lingkungan alam. Semoga bermanfaat.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Toko Total Buah Segar

Review Lipstik Merah Make Over Matte Lip Cream

Apa Itu Skabies?