Apa Itu HFMD?

Hello guys, kita berbagi informasi yuk tentang HFMD, di kawasan rumahku sedang banyak anak-anak yang terkena penyakit ini, kebanyakan dari mereka tertular dari sekolahnya, karena penyakit ini gampang sekali menular dan lebih banyak yang kena adalah anak-anak, kita cari tau tentang penyakit ini.

Nama lain:
- HFMD (Hand, Foot and Mouth Disease)
- KTM ( penyakit Kaki, Tangan dan Mulut)
- Flu Singapura (disebut begitu karena dulu Singapura pernah mewabah penyakit ini)

Apa itu HFMD?
Penyakit virus akut yang ditandai bintik-bintik merah kemudian pecah menjadi sariawan di dalam mulut juga ruam-ruam di kulit dan bintik-bintik merah yang melibatkan tangan, kaki, bokong dan atau alat genitalia.

Ruam kulit di telapak tangan

Apa penyebabnya?
Coxsackievirus A type 16 dan Enterovirus 71

Bagaimana penyebaran penyakitnya?
Penyakit ini dapat mengenai semua umur tapi lebih banyak pada anak usia <10 tahun. Enterovirus A terutama menyerang anak dibawah 5 tahun. Penyakit ini sangat menular, penyebaran mudah terjadi bila terdapat kontak erat dengan penderita (berbicara, memeluk, mencium), melalui udara (bersin, batuk), kontak dengan kotoran pasien dan kontak dari barang yang terdapat virus seperti mainan, alas meja, gagang pintu, handuk, perabotan, dan cenderung mudah menyebar pada musim panas dan hujan. Mudah nenular pada satu keluarga, day care center, kindergarten yang kontak oleh sekresi ludah dan kotoran penderita. Penderita HFMD dalam 7 hari pertama sangat menular, dan virus dapat bertahan dalam tubuh beberapa hari atau minggu setelah gejala tidak ada dan dapat menularkan lewat ludah dan kotoran penderita.

Apa tanda dan gejalanya?
- Panas 38-39͒ C dalam 1-2 hari
- Mula-mula muncul bintik-bintik merah  di selaput lendir pipi bagian dalam, lidah,  langit-langit dalam mulut kemudian berubah menjadi sariawan yang sekelilingnya berwarna kemerahan.
- Lesi diatas dapat ditemukan juga di tangan, kaki, bokong dan genitalia.
- Anak rewel, tidak nafsu makan karena adanya sariawan.

Ruam merah di telapak tangan, telapak kaki dan sariawan yang dikelilingi oleh daerah kemerahan disekitarnya di lidah

Penatalaksanaan:

- Tidak ada antivirus spesifik untuk mengobati penyebab ini
- Terapi bersifat suportif:
 ^ Memastikan intake cairan cukup dan mencegah dehidrasi
 ^ Hindari makanan pedas dan asam
 ^ Obat antipanas dan penghilang nyeri bisa diberikan parasetamol
 ^ Obat kumur untuk luka-luka di mulut

Komplikasi:
Jarang terjadi, namun bila terdapat komplikasi berat dapat menyebabkan meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis (radang otak).
Umumnya gejala penyakit ini ringan dan dapat sembuh sempurna. Biasanya infeksi sembuh sendiri dan kebanyakan anak akan mengalami penyembuhan dalam 2 minggu tanpa adanya infeksi kulit sekunder.

Bagaimana mencegah penularannya?
-  Pencegahan yang paling baik adalah mencuci tangan secara sempurna terutama setelah mengganti popok, sebelum makan dan minum atau mengusap hidung yang berair.
-  Berprilaku hidup bersih
-  Tidak membuang ludah sembarangan
-  Membiasakan menutup hidung dan mulut saat bersin
-  Tidak menyentuh mulut dan tangan sembarangan
-  Penderita HFMD diisolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut

Adakah vaksin untuk virus ini?
Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah HFMD

So guys, pencegahan lebih baik daripada mengobati, jagalah kesehatan dan hidup sehat karena sehat merupakan investasi kita, stay health!


References:
Benaroch, Roy. 2016. Fact about Hand-Foot-and Mouth Disease. Diambil dari: https://www.webmd.com/children/guide/hand-foot-mouth-disease. (5 april 2018).
Goksugur, Nadir dan Nevil Goksugur. 2010. Hand, Foot, and Mouth Disease.J Med 2010; 362:e49. Diambil dari www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMicm0910628. (4 April 2018).
Klein, Michel dan Pele Chong. 2015. Is a multivalent hand, foot and mouth disease vaccine feasible?. Diambil dari www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4685682/. (4 April 2018).
Iriani Hutapea, Esther. 2016. Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD). Di ambil dari www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/hand-foot-mouth-and-disease-hfmd. (4 April 2018).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Toko Total Buah Segar

Review Lipstik Merah Make Over Matte Lip Cream

Apa Itu Skabies?