Resep Manisan Kolang-Kaling Super Gampang

Aku mau share resep manisan kolang-kaling yang super gampang, ga banyak bahan yang diperlukan dan pengolahannya mudah. Sayangnya biasanya kolang kaling ini dijual musiman terutama saat hari puasa ramadhan tiba. Kolang-kaling ini asalnya dari biji aren yang dikupas lalu direbus dan direndam hingga lunak. Yang khas adalah bentuknya lonjong, pipih, berwarna putih transparan serta seringnya digunakan sebagai takjilan saat berpuasa, oke langsung aja cekidot:

Kolang kaling yang siap disantap

Bahan:
- 2 kg kolang kaling ukuran sedang
- 1 kg gula putih
- 1 botol besar fanta merah
- 4 lembar daun jeruk

Cara membuat:
- Rendam kolang-kaling dalam air semalam
- Setelah itu tiriskan (hingga kolang-kaling benar-benar tiris tidak ada airnya)
- Lalu panaskan kolang-kaling diatas api kecil dengan gula putih dan daun jeruk, aduk hingga merata dan gula putih cair, didihkan kurang lebih 10 menit
- Matikan api, tunggu 5 menit lalu masukkan fanta hingga kolang-kaling terendam 
- Sajikan dingin lebih nikmat

Kolang kaling yang sudah dicampurkan dengan gula pasir dan dididihkan

Tips:
Supaya kolang kaling ga berbau menyengat,  rendam kolang-kaling semalam (ini juga untuk membuat kolang kaling lebih lunak) lalu cuci bersih dan tiriskan hingga air rendaman dalam kolang kaling tidak ada. Dan cara memilihnya sebaiknya dengan konsistensi yang sedang artinya tidak terlalu keras atau jangan terlalu lunak, hal ini dimaksudkan nantinya akan direndam lagi semalam sebelum dimasak jadi bila membeli yang sudah lunak akan jadi benyek kurang nikmat disantap, sedangkan bila memilih terlalu keras, butuh waktu lebih lama untuk direndam dan saat disantap masih agak keras.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Toko Total Buah Segar

Review Lipstik Merah Make Over Matte Lip Cream

Apa Itu Skabies?