Masak Kari Iga Sapi Praktis

Aku mau share masak kari iga sapi praktis. Praktis disini karena aku memakai bumbu kari yang sudah dihaluskan beli di pasar, jadi ga usah repot ngulek banyak. Menurut aku sah-sah aja memakai bumbu halus yang sudah jadi, bila kita ingin makan makanan berbumbu banget kaya rendang, gulai ataupun kari, dan pingin  masak cepet ga pake repot banget untuk ngulek :), karena menurut saya rasa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan bahan yang diulek sendiri. Dibilang praktis juga karena bisa langsung request sama abang-abang penjualnya bila kita menginginkan bumbu kari dengan iga sapi sekilo misalnya, abang penjual yang meracik  sudah tau takaran bumbunya untuk porsi segitu (kebetulan saya sudah punya tukang bumbu langganan di pasar jadi memudahkan saya banget) dan harganyapun murah, kya sekarang saya beli iga sapi sekilo dengan bumbu kari seharga 2ribu, ga usah cape-cape beli bawang merah dan bawang putihnya terus ngupas kulitnya juga belum lagi harus beli bahan-bahan lainnya hehee, ini karena lebih kepraktisannya sih dan keefektifannya bila lagi pingin masak cepet tapi rasa juga ga jauh berbeda dengan ngulek bumbu sendiri.

Kari iga sapi siap disantap

Bahan:
- 1 kg iga sapi segar
- 1 liter santan segar
- 1 buah wortel yang besar potong bulat sedang
- 100 gr kol di potong agak besar
- 2 helai daun bawang yang besar potong sedang
- 1 1/2 sdt garam
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu
- Sasa penyedap rasa secukupnya

Bumbu:
- Bumbu kari praktis yang sudah dihaluskan
- 3 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun salam yang besar
- 1 buah sereh yang besar memarkan
- 3 cm lengkuas memarkan


Bumbu kari praktis untuk masak iga sapi, disini aku ambil 3/4 nya saja takut kebanyakan bumbu yang menurut saya porsinya terlalu banyak (tergantung selera masing-masing) 

Iga sapi yang sudah dipresto dan ditiriskan 

Potongan wortel

Potongan kol


Cara membuat:
- Presto iga sapi 15 menit supaya cepet lunak lalu tiriskan
- Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu kari yang sudah dihaluskan, disertai daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas
- Bila bumbu sudah setengah matang dan mengeluarkan bau harumnya masukkan santan sambil aduk rata terus hingga mendidih di atas api sedang, lalu masukkan iga sapi yang sudah ditiriskan tadi aduk hingga rata, disusul wortel
- Masak hingga santan agak mengental, lalu masukkan kol hingga layu
- Tambahkan garam dan sasa, lalu koreksi rasa
- Masukkan daun bawang aduk rata, matikan kompor

Menumis bumbu

Setelah bumbu setengah matang dan mengeluarkan bau harum dimasukkan santan

Seluruh bahan sudah masuk


Waktu memasak: 30 menit
- Presto iga sapi 15 menit
- Tumis bumbu dll 15 menit

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja di Toko Total Buah Segar

Review Lipstik Merah Make Over Matte Lip Cream

Apa Itu Skabies?